Hikmah Al-Qur’an Dalam Hidup Kita

quran

          “Jika kamu ingin Allah berkata-kata padamu, maka bacalah Al-quran. Sebaliknya, jika kamu ingin berkata-kata kepada Allah, maka dirikanlah sholat.” (H. R. Al-Hakim). Seperti yang telah kita atau umat muslim ketahui bahwa Al’quran merupakan firman Allah SWT yang dimukjizatkan kepada Nabi Muhammad SAW dan mempunyai fungsi utama sebagai pedoman hidup bagi umat manusia dalam kehidupan demi mencapai kebahagiaan di dunia serta di akhirat. Al-quran menuntut untuk dibaca oleh umatnya, karena seperti kata hadist berikut “Bacalah Al-quran, sesungguhnya Al-quran itu akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi para pembacanya.” (H. R. Muslim). Jadi, kesimpulan dari hadist diatas ialah sesungguhnya manusia itu sendiri lah yang membutuhkan Al-quran, maka hormatilah Al-quran dengan membacanya dan berdoa semoga Al-quran senantiasa menolong kita ketika kita sampai di akhirat dengan izin Allah SWT suatu saat nanti.
Sebagai umat muslim yang berpedoman pada Al-quran, hendaklah kita belajar mengikuti tata cara hidup yang ada di dalamnya seperti yang disebutkan di Al-quran surah An-Nur ayat 31 yang berarti, “Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya; janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. Wajib atas mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya.” (QS an-Nur [24]: 31). Surah tersebut telah mengajarkan kita bahwa sebagai seorang wanita muslimah, kita haruslah menutup aurat. Walaupun sholat adalah wajib, tetapi menutup aurat bagi seorah muslimah dengan cara berhijab adalah dianjurkan terlebih dahulu dilakukan, tidak peduli seberapa buruk akhlak kita, namun berhijab adalah salah satu ciri yang menandakan bahwa kita adalah wanita muslimah dan sekaligus untuk membedakan antara muslim dengan umat-umat yang lain.
Selain itu, sangatlah wajar bahwa Allah SWT memerintahkan seluruh umat manusia untuk beribadah kepada-Nya. Dengan membaca Al-quran saja kita sudah beribadah kepada-Nya, apalagi mengamalkan isinya. Manusia pun diciptakan Allah tidak lain adalah untuk beribadah kepada-Nya seperti yang dijelaskan dalam surah Adz-Dzariyat ayat 56 yang artinya “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk mengabdi kepada-Ku.” Kemudian, berdzikir kepada Allah, menolong orang, beramal untuk pembangunan madrasah, menyantuni anak yatim, membersihkan selokan, belajar dan perbuatan lainnya, asalkan diridhai Allah, juga merupakan ibadah. Jadi, dalam hal ini Allah memberikan banyak sekali kemudahan bagi umat manusia untuk senantiasa beramal dari amalan-amalan yang telah dicontohkan dan dipaparkan di dalam Al-quran itu sendiri.
Sebagai umat muslim, kitalah yang seharusnya memberikan contoh kepada saudara-saudari kita untuk senantiasa mengamalkan isi Al-quran dimulai dari mempelajarinya terlebih dahulu hingga dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun ayat Al-quran lainnya yang telah mengubah pola hidup saya menjadi lebih baik, yaitu surah An-Nur ayat 26 yang berarti, “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga).” Ayat tersebut menjelaskan bahwa sebenarnya setiap orang pasti memiliki pasangannya (jodohnya) masing-masing yang sesuai tingkatannya. Tingkatan yang dimaksud yaitu, tingkatan jumlah kebaikannya, kekurangannya, dan juga ilmunya (kealimannya), serta setara dosa-dosanya baik yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan (Allah Maha Tahu apa yang akan terjadi). Hal, ini menyadarkan kita bahwa jika kita ingin mendapatkan sesuatu, kita harus melakukan sesuatu yang setara atau sepadan dengan apa yang kita inginkan dan begitulah seterusnya. Banyak sekali hikmah Al-quran yang bisa kita petik untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT yang mencintai seluruh makhluk-Nya yang beriman.
                                                      “Maha Benar Allah Dengan Segala Firman-Nya”

Posted on February 20, 2014, in Article. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: